Penerimaan Kelas RPL Tahun Akademik 2019-2020 Di Poltekkes Kemenkes Ternate

Disampaikan kepada bapak/ibu Tenaga kesehatan Perawat bahwa untuk Tahun Akademik 2019-2020 Poktekkes Kemenkes Ternate masih diberikan kesempatan untuk Menyelenggaraan Program Percepatan Pendidikan Nakes ini dilaksanakan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Menkes mengatakan pendidikan harus dapat menjawab kebutuhan dari pelayanan kesehatan. Karena itu, Kemenkes ingin meningkatkan kompetensi dan kualifikasi Nakes dari PJM dan D1 ke D3. 

”Ini adalah hal yang baik bahwa kompetensi dan kualifikasi bisa ditingkatkan. Artinya, kualifikasi pendidikan yang tinggi sangat diperlukan pada era saat ini,” kata Nila Moeloek.

Menkes berharap Nakes tidak hanya bisa meningkatkan kompetensinya secara nasional, tetapi dengan kualitas yang dimiliki bisa ke jenjang internasional dan sejajar dengan kompetensi di negara maju.

Peningkatan kualifikasi pendidikan didasarkan pada UU nomor 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan yang menetapkan kualifikasi minimum, yakni D3 kecuali tenaga medis. Bila sampai 2020 Nakes tersebut belum memiliki kualifikasi pendidikan D3, akan menjadi asisten Nakes dan tidak bisa melaksanakan praktik.

Penyelengaraan Kelas RPL di Poltekkes Kemenkes Ternate tersedia dengan Quota terbatas dan merupakan kesempatan terakhir.

Adapun tata cara dalam pendaftaran dapat segera menghubungi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (ADAK) Poktekkes Kemenkes Ternate dengan membawa serta Surat Rekomendasi izin dari pimpinan/atasan langsung untuk proses sesuai ketentuan yang berlaku.

Berita ini disiarkan oleh Unit Teknologi Informasi Poltekkes Kemenkes Ternate.